BMBerita.com

Bupati Rohil Letakkan Batu Pertama Pembangunan Klenteng Ying An Tuah Bagansiapiapi

Bupati Rohil Letakkan Batu Pertama Pembangunan Klenteng Ying An Tuah Bagansiapiapi

BMBerita.com, Rohil - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kelenteng Ying An Tuah Bagansiapiapi, pada Sabtu (1/6/2024) malam di Jalan Bintang, Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau.

Seperti tak kenal lelah, di tengah kesibukan dan padatnya jadwal kegiatan, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong yang dikenal dekat dengan masyarakat ini menyempatkan diri untuk memenuhi undangan tokoh masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan kelenteng Ying An Tuah yang terletak di Jalan Bintang Kota, Bagansiapiapi.

Kedatangan Bupati bersama Ketua TP PKK Rohil Ny. Sanimar Afrizal dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Rohil Firdaus disambut dengan ramah tamah masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi dan atraksi barongsai.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa dirinya sejak hari kemaren Jumat malam (31/5) sedang berada di Pekan Baru pada acara penyerahan sertifikat dengan Basarnas dan paginya sudah harus sampai di kota Dumai untuk mengikuti acara peringatan hari lahir Pancasila dengan Presiden Joko Widodo dan malam ini dirinya sudah berada di Kota Bagansiapiapi Rohil untuk memenuhi undangan tokoh masyarakat Tionghoa untuk peletakan batu pertama pembangunan klenteng Ying An Tuah di Bagansiapiapi.

"Kemarin malam saya berada di Pekanbaru untuk mengikuti acara penyerahan sertifikat Basarnas dan paginya sudah harus berada di Kota Dumai untuk mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Malam ini Alhamdulillah sudah berada di Bagansiapiapi untuk memenuhi undangan tokoh masyarakat Tionghoa, untuk peletakan batu pertama pembangunan klenteng Ying An Tuah," ujarnya.

Lanjutnya," Rohil ini memiliki beragam suku dan agama, kita harus tetap menjaga kerukunan dan silaturahmi antar umat beragama. Untuk itu, walaupun jadwal kegiatan cukup padat, saya menyempatkan diri untuk hadir disini demi menjalin kebersamaan dengan saudara kita masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi untuk peletakan batu pertama pembangunan klenteng Ying An Tuah dan besok saya akan ke Bagan batu dan Pujud," terang Bupati.

Afrizal Sintong berharap setelah peletakan batu pertama pembangunan klenteng Ying An Tuah ini, pembangunan klenteng dapat berlanjut dengan lancar sehingga kedepannya dapat segera di dimanfaatkan sebagai tempat aktivitas beribadah.

"Pada prinsipnya Pemerintah Daerah mendukung kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan seperti pembangunan kelenteng ini, semoga pembangunannya cepat selesai sehingga dapat dimanfaatkan bagi warga Tionghoa untuk kegiatan keagamaan. Dan saya berharap melalui multi marga bisa tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemda agar kerukunan umat beragama di kabupaten Rokan Hilir tetap utuh dan terjaga, " pinta Bupati.

Sementara itu, perwakilan Mukti Marga Bagansiapiapi, Hasanto menyampaikan apresiasinya dan ucapan terimakasih kasih kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong atas support dan atensi yang diberikan kepada masyarakat Tionghoa di Rohil khususnya di Bagansiapiapi. Dimana setiap di undang oleh tokoh masyarakat Tionghoa dalam berbagai kegiatan keagamaan, Bupati Rohil selalu menyempatkan diri untuk hadir memenuhi undangan klenteng -klenteng yang ada di Bagansiapiapi.

"Kami atas nama Multi Marga dan masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi mengucapkan terimakasih atas atensi yang diberikan Pemkab Rohil. Ini bentuk keberagaman kita yang selalu di support oleh pak Bupati, mari kita sama-sama saling menjaga kerukunan umat beragama di Rohil serta melestarikan budaya lokal kita," terangnya.

Acara peletakan batu pertama pembangunan klenteng Ying An Tuah langsung dilakukan Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Ketua Multi Marga Rendi Gunawan, dan ketua FKUB Firdaus SAg. Tampak hadir Ketua TP PKK Rohil Ny.Sanimar Afrizal, DWP Rohil, Direkrut RSUD dr Tri Buana Tungga Dewi, Kepala BKPSDM, Acil Rustianto dan perwakilan OPD lainnya serta Tokoh masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi.

Komentar Via Facebook :