BMBerita.com

Bappeda Rohil Gelar FGD Pembahasan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Bappeda Rohil Gelar FGD Pembahasan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

BMBerita.com,  Rohil - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembahasan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Rohil Tahun Anggaran 2024, Selasa (4/6/2024) di Lantai 3, Aula Rapat Kantor Bappeda, Jalan Lintas Pesisir, Batu Enam, Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau.

Rapat yang dibuka langsung Kepala Bappeda Rohil Zuhri, S.E dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, LAM Rohil serta mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Riau dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Riau serta P3S.

Kepala Bappeda Rohil, Zuhri, S.E mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Rencana PPLH menjadi dasar penyusunan dan dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). "Adapun prinsip-prinsip RPPLH mengacu pada pembangunan berkelanjutan di mana pembangunan ekonomi dan sosial tidak mengorbankan lingkungan hidup serta mengintegrasikan perlindungan lingkungan dari lingkungan paling kecil. Kemudian pembangunan rendah karbon di mana membangun daerah-daerah rendah karbon dan hemat energi serta partisipasi publik dan kerjasama antar daerah," ucapnya.

Selain itu, dikatakan Zuhri bahwa momentum urgensi RPPLH adalah momentum untuk re-orientasi kebijakan pembangunan daerah agar lebih mempertimbangkan kemampuan daya dukung dan kemampuan daya tampung lingkungan hidup, sehingga kinerja capaian indikator pembangunan berkelanjutan akan lebih fokus, tepat sasaran dan terukur. Dan momentum mewujudkan komitmen bersama semua elemen pemerintah dan masyarakat di daerah untuk bersama memperbaiki fungsi dan manfaat SDA serta kualitas fungsi lingkungan hidup demi mendukung berkelanjutan kehidupan di bumi.

Komentar Via Facebook :