BMBerita.com

Koalisi Makin Menguat, Khairul Umam - Indra Gunawan Eet Bakal Jadi Lawan Tangguh Bagi Kasmarni

Koalisi Makin Menguat, Khairul Umam - Indra Gunawan Eet Bakal Jadi Lawan Tangguh Bagi Kasmarni

BMBerita.com, Pekanbaru - Nama Khairul Umam dan Indra Gunawan Eet semakin santer disebut-sebut bakal berpasangan pada Pilkada Bengkalis 2024. Jika pasangan ini benar-benar jadi berpasangan, diyakini bakal menjadi lawan tangguh bagi petahana, Kasmarni. 

Kasmarni sendiri saat ini memang belum secara terang-terangan memilih calon wakilnya pada Pilkada mendatang. Namun peluang besar masih dimiliki Bagus Santoso untuk kembali berpasangan dengan Kasmarni. Apalagi Tim Pilkada DPP Partai Amanat Nasional telah resmi memutuskan dan merekomendasikan Bagus Santoso,MP untuk mendampingi Kasmarni. 

Jika Kasmarni-Bagus kembali berlayar bersama, maka banyak yang memprediksi pasangan ini sulit dikalahkan jika tidak ada koalisi partai yang kuat sebagai lawannya. Karena itu, mencuatnya Khairul Umam dari PKS dengan Indra Gunawan Eet dari Golkar, bakal membuat pertarungan di Pilkada Bengkalis bakal menjadi sengit. 

"Pasangan Kasmarni- Bagus akan sulit dikalahkan jika yang menantangnya bukan berasal dari partai yang punya kekuatan besar juga. Kalau memang koalisi PKS-Golkar terjadi lewat pasangan Khairul Umam-Indra Gunawan Eet, tentu ini bakal jadi lawan tangguh, bahkan peluang untuk menang melawan petahana bisa terjadi," ujar pengamat politik dari Riau Development Institute (RDI) Alzam Deri. 

Menurut Analisa Alzam Deri, jika menilik pada Pilkada periode sebelumnya, kemenangan pasangan Kasmarni-Bagus disebabkan karena kandidat yang menantangnya tidak berasal dari koalisi partai yang kuat. Apalagi saat itu ada empat pasangan yang bertarung. 

Pada Pilkada 2020 lalu, pasangan KBS diusung oleh Parpol Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, PBB, Gerindra dan Demokrat. Pasangan AMAN didukung PKS dan PPP, pasangan Indra Gunawan Eet - Samda dengan dukungan Golkar dan Perindo serta pasangan KDI diusung PDIP dan PKB. 

"Nah, jika pada Pilkada kali ini PKS dan Golkar bersatu, tentu akan jadi kekuatan yang besar, apalagi jika ditambah dengan satu atau dua partai lain ikut bergabung," ulas Alzam Deri. 

Selain itu, basis wilayah dukungan antara kedua pasangan ini juga relatif sama kuatnya. Kasmarni dan Khairul Umam sama-sama punya basis masa di Mandau dan Pinggir, sedangkan Bagus Santoso dan Indra Gunawan sama-sama punya pengaruh di Pulau Bengkalis. 

Saat ini, baik Khairul Umam dan Indra Gunawan sama-sama telah membuktikan kekuatan mereka meraih dukungan massa pada Pemilu Legislatif 2024 lalu dengan terpilihnya mereka menjadi anggota DPRD Riau periode 2024 - 2029. 

"Perolehan suara keduanya cukup signifikan, dan ini merupakan modal penting untuk berlaga di Pilkada Bengkalis," kata mantan Ketua KPU Sijunjung dua periode ini. 

Menurutnya, sebagai partai yang punya nama besar dan citra yang kuat, PKS dan Golkar tidak boleh melewatkan Pilkada Bengkalis ini begitu saja. Apalagi kedua partai ini punya kader yang hebat. 

Baik Khairul Umam dan Indra Gunawan Eet sama-sama pernah menduduki jabatan bergengsi sebagai Ketua DPRD. Khairul Umam di DPRD Bengkalis, Indra Gunawan di DPRD Riau. 

"Bengkalis ini merupakan salah satu daerah penting dalam kancah perpolitikan di Riau, jadi sangat penting bagi partai-partai politik besar untuk berjuang secara maksimal untuk meraih hasil terbaik di Pilkada 2024 ini. Karena itu baik PKS maupun Golkar wajib mencalonkan kader terbaiknya untuk ikut bertarung," kata alumni Fisipol Unri tersebut. 

Menurut rumor yang beredar di Bengkalis, Tim pemenangan Kasmarni merasa khawatir juga jika pasangan Khairul Uman- Indra Gunawan menjadi lawan mereka di Pilkada Bengkalis. Tidak heran jika muncul upaya untuk memecah PKS dengan mengiming-imingi kader partai tersebut sebagai calon wakil Kasmarni. 

Hal ini tidak dibantah oleh pengurus DPW PKS Riau Markarius Anwar saat menerima kedatangan Kasmarni, Kamis (30/5) pagi di kantor DPW PKS Riau di Pekanbaru. 

Di sana Kasmarni bertemu langsung dengan H. Muhammad Rafee yang juga diusung oleh PKS sebagai Bakal Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Kasmarni. 

Namun kata Markarius, kepastian pasangan ini akan diplenokan bersama pengurus DPW PKS sebelum diteruskan ke DPP PKS. Karena masih ada satu pasangan calon yang akan maju melalui PKS adakah Khairul Umam dan Indra Gunawan Eet. 

"Tentu hal yang sama juga akan kita lakukan dengan Khairul Umam dan Indra Gunawan Eet. Yakni terkait kemaun dan kemampuan mereka akan maju melalui perahu PKS. Jadi kita masih menunggu Khairul Umam dan Indra Gunawan Eet untuk kita mintai tanggapan dan nanti baru kita pleno bersama," ujarnya.***

Komentar Via Facebook :